SLIK Dilakukan Secara Online

Untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Provinsi Riau, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menghentikan layanan Sistem Informasi Keuangan SLIK Online secara langsung atau tatap muka dan menggantinya melalui sistem online.

Bos OJK Riau, Yusri, kepada CAKAPLAH.COM melalui sambungan seluler mengatakan jika ada masyarakat yang ingin mendapatkan layanan SLIK, kini OJK menyediakan layanan satu port yang hanya online.

“Kami berupaya mengurangi kontak fisik untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Jika masih ada orang yang datang ke kantor OJK, kami akan memberikan pemahaman bahwa layanan tersebut sudah online,” kata Yusri, Senin (23/3) / 2020).

Yusri menyampaikan, ada yang tidak tahu ada yang masih datang ke kantor OJK untuk mendapatkan layanan SLIK.

“Tapi kami sampaikan kemungkinan untuk mengakses layanan SLIK secara online. Kami akan menyampaikannya ke website dan masyarakat bisa mengakses website tersebut,” kata Yusri.

Sebagai informasi, untuk layanan SLIK, masyarakat dapat melakukannya secara online dengan mengisi formulir giliran online di https://konsumen.OJK.go.id/minisiteDPLK/registrasi

Setelah mendapat persetujuan yang dikirim melalui email, debitur dapat menghubungi nomor whatsapp OJK-SLIK yang tertera di email untuk verifikasi data. Setelah proses verifikasi, informasi debitur SLIK akan dikirim melalui email.

SLIK merupakan sebuah sistem yang dirancang untuk menjadi wadah dan sarana informasi pembiayaan dan perkreditan antar lembaga keuangan. Dengan menggunakan informasi peminjam yang dihasilkan oleh SLIK, lembaga keuangan dapat memutuskan apakah calon peminjam memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *