Semangat Bushido dalam Pelatihan Sepakbola Jepang

Sebagian besar negara di dunia biasanya memiliki nilai turun temurun yang diturunkan dari generasi ke generasi. Nilai-nilai ini melekat pada kebanyakan orang di negara ini dan kemudian tercermin dalam kegiatan sehari-hari. Berdasarkan analisa bola288, sebagian besar aktivitas populasi negara dipengaruhi oleh nilai-nilai yang telah turun sejak lama. Itu sama dengan Jepang. Salah satu negara maju di Asia memiliki akar budaya yang kuat di masa lalu melalui peradaban. Jiwa pekerja keras dan tidak bergerak adalah nilai positif yang dimiliki sebagian besar warga Jepang dengan para pendahulunya. Nilai lain yang dimiliki sebagian besar warga Jepang adalah tokoh ksatria terkenal di negara itu, Samurai.

Samurai adalah seorang ksatria Jepang yang identik dengan pedang Katana. Ada banyak kisah yang menceritakan tentang kehidupan seorang samurai di Jepang yang beredar di seluruh dunia. Sesungguhnya, kehidupan yang penuh dengan perjuangan dan tantangan dalam kehidupan dapat menawarkan ilhamnya sendiri kepada semua orang yang menyaksikannya. Salah satu nilai yang diberikan seorang samurai kepada masyarakat Jepang adalah Bushido. Bushido dapat dilihat sebagai semangat kehidupan yang ditunjukkan seorang samurai ketika dia melewati tantangan hidup.

Dalam upaya mereka untuk menjadi seorang prajurit, seorang samurai harus menghayati semangat Bushido. Dalam semangat hidup yang membawa kesederhanaan, kesetiaan, keras dan perjuangan sampai mati. Nilai-nilai ini kemudian diterapkan oleh sebagian besar orang Jepang dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dalam sepak bola, J-League menggunakan semangat bushido ketika membuat aturan kompetisi yang tidak memiliki hasil imbang. Di awal musim ketika J-League didirikan, setiap pertandingan yang berakhir seri akan berlanjut di babak gol emas dan dengan penalti. Sehingga setiap pertandingan pasti menghasilkan tim yang menang dan kalah.

Ini sesuai dengan semangat para samurai yang akan terus berjuang hingga mati. Tidak ada duel antara samurai yang mengakhiri undian. Tentu jika salah satu dari mereka akan atau harus memenangkan permainan. Itulah sebabnya J-League telah menerapkan aturan ini di awal-awal. Meskipun aturan-aturan itu sekarang telah dihapuskan dan pertandingan di J-League dapat berakhir seri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *