Pengertian Batik Tulis Dan Tahap Pembuatannya

Batik tulis merupakan hasil proses pembuatan batik tulis dengan teknik pembuatan motif yang ditulis langsung oleh pembuat batik. Untuk menulisnya, Anda bisa menggunakan canting tembaga dengan gagang bambu. Ujung canting memiliki lubang yang bermacam-macam sehingga bisa disesuaikan dengan ukuran motifnya. Selain itu, ada bekas tanjakan yang disebut nyamplung. Alat ini berisi lilin atau pewarna, tergantung dari teknik membatik yang akan digunakan nantinya. Batik tulis warna merupakan salah satu teknik batik tulis yang menggunakan cairan malam hari yang diukir melalui canting tulis.

Langkah-langkah membuat batik tulis pada malam hari hampir sama dengan batik cap. Perbedaannya terlihat pada polanya, batik cap memiliki pola repetitif, sedangkan batik malam memiliki corak yang unik, seperti menggambar dengan bebas. Perlu diperhatikan bahwa ujung yang miring harus ditusuk dan ditiup sampai selaput cair muda terbuka.

Kemudian, lilin baru bisa diaplikasikan sesuai pola yang digambar pada kain batik. Tahapan selanjutnya adalah proses pewarnaan. Batik tulis tangan berwarna adalah teknik batik tulis yang mengukir warna melalui huruf miring yang ditulis langsung pada kain. Proses pembuatan batik tulis sama seperti melukis di atas kanvas dan untuk hasil yang indah ditentukan oleh keterampilan dan kreativitas tangan membatik.

Perlu juga diperhatikan bahwa langkah-langkah pembuatan batik tulis. Pertama, sebarkan kain, gambar sketsa yang akan dibuat dengan menggunakan pensil. Kedua, cairan berwarna ditulis dengan hati-hati menggunakan huruf miring. Ketiga, setelah lilin selesai dibuat, lilin ditulis untuk satu pakaian, selanjutnya proses pewarnaan.

Kemudian bilas dengan soda, keringkan dan setrika dengan baik. Terakhir, jika yang tertulis diwarnai dan diselesaikan semua untuk satu pakaian, berikutnya adalah sarjana yang berguna untuk memoles warna dan memperkuat bahan. Jadi agar mudah dikenali, batik tulis memiliki beberapa keistimewaan yaitu polanya tidak berulang, ada beberapa kombinasi warna dan warna dasarnya bisa gelap atau terang.

Sekian artikel mengenai Pengertian Batik Tulis. Semoga saja artikel diatas bisa menambah wawasan kita khususnya dalam pembuatan Batik, sejarahnya dan juga jenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *