Napak Tilas Kuda Hitam Menaklukan Sepakbola

Webtoon kini menjadi salah satu pilihan hiburan bagi masyarakat di Indonesia. Tidak hanya menyediakan komik dengan berbagai pilihan genre dan cerita, Webtoon juga menyediakan “Canvas” sebagai wadah kreator untuk berkreasi. Kolom yang awalnya bernama Webtoon Challenge ini bisa digunakan para kreator untuk menyalurkan bakat atau hobinya dalam menggambar dan membuat komik. Selanjutnya dikatakan dominoqq, jika ada komik yang menurut Webtoon menarik, mereka berkesempatan untuk resmi diluncurkan sebagai Webtoon Official.

Webtoon Canvas adalah salah satu metode bagi kreator rumahan untuk mengeksplorasi ide dan mempromosikan karyanya. Selain itu, banyak kreator rumahan yang memasukkan unsur kearifan lokal ke dalam cerita komiknya. Salah satunya adalah kartun Pria yang Menembus Hati Bela Diri karya Juan Vito, Salman Kuntjoro, Jakti dan Mochhammad Fadli. Komik bertema sepak bola ini sudah meluncurkan 22 episode sejak debut Webtoon pada 15 Agustus 2019.

Dalam film komedi Men Penetrating the Heart of Defense (MJP), banyak sekali kearifan lokal yang coba ditanamkan oleh para kreator. Misalnya kebiasaan anak-anak yang suka bermain bola tanpa menggunakan sepatu. Atau kebiasaan anak-anak yang selalu bisa menghabiskan waktu bermain sepak bola, sebelum dan sesudah sekolah. Jangan lupa juga mengejek kebiasaan menyeret warga ibu kota, yang tergambar jelas oleh beberapa adegan karakter.

Jika ada yang penasaran dengan plotnya, maka sepertinya kita bisa mulai dengan sebuah pertanyaan. Bagaimana jika sekolah sepak bola kecil (SSB) yang tidak dikenal tiba-tiba menjadi ancaman serius dalam kompetisi nasional U-16? Terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, bukan? Inilah yang dialami Sakti dan Sai Baba Balebunder. Di bawah asuhan eks pemain nasional Surya Purnawarman, SSB Balebundar menjadi kuda hitam yang juga menginginkan gelar juara di musim debutnya.

Komik ini berfokus pada kehidupan Sakti, seorang siswi SMA yang menyukai sepak bola. Sejak awal mimpinya menjadi pesepakbola hebat dengan nomor punggung 20. Way adalah korban tsunami yang melanda Aceh tahun 2004 silam. Ia dibawa ke Jakarta oleh Surya, teman orang tuanya. Tinggal bersama Surya, kecintaan Sakti pada sepak bola tumbuh dan dia siap menguji dirinya dengan kemampuannya.

Surya Purnawaman menjadi pengelola dan pemilik SSB Balebunder. SSB relatif kecil, tetapi memiliki beberapa pemain yang memiliki bakat di atas rata-rata. Diantaranya adalah Senopati yang merupakan senjata utama sekaligus kapten SSB Balebunder. Ada juga Ciko yang merupakan mantan bintang tim terbaik se-Indonesia. Dan yang terakhir adalah Sakti, seorang bocah ajaib yang siap dipamerkan di lapangan.

Balebunder lahir sebagai SSB kecil yang tidak dikenal manusia. Selama musim debutnya di kejuaraan nasional U16, tentunya banyak tim yang tidak melihat kehadirannya sebagai ancaman. Namun dengan minimnya pengalaman tim, Sakti Cs tetap senang melakukan petualangan hebat melawan tim kuat se-Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *