Mengenal Rumus


Definisi Rumus

Bagi orang yang bergelut di dunia ilmu pengetahuan pasti telah sangat akrab dengan istilah rumus. Rumus merupakan cara singkat untuk memechakan atau mencari suatu informasi dengan cara menggunakan patokan yang dilambangkan dengan angka,huruf maupun simbol. Rumus dapat pula diartikan sebagai kesimpulan atas ketetapan yang disebut dengan kalimat ringkas dan tepat.

Dalam dunia ilmu pengetahuan, rumus  di deskripsikan sebagai salah satu metode ilmiah paling umum untuk mencapai atau mencari suatu kesimpulan. Dapat pula disebut sebagai konsep yang memiliki hubungan timbal balik.

Aplikasi Rumus

Rumus memiliki sejarah yang panjang dalam membangun berbagai peradaban maju di dunia dan pada berbagai masa. Rumus mulai di kembangkan oleh para filsuf zaman yunani kuno seperti archimedes dan galilei. Pada abad pertengahan yang ditemukan oleh para ilmuwan klasik seperti Gay Lussac. Bernouli, Pascal, Dalton dan sebagainya.

Para penemu tersebut menmukan berbagai macam rumus di bidangnya masing – masing dan hingga kini masih dipaki dalam kehidupan kita sehari hari.

Berbagai rumus tersebut mencakup berbagai bidang kehidupan yang mempermudah kehidupan kita. Salah satu yang erat dengan kehidupan kita adalah penerapan rumus hukum Pascal yang dirumuskan Blaise Pascal di tahun 1658. Hukum Pascal berbunyi “Jika suatu zat cair diberikankan tekanan, maka tekanan itu akan menyebar ke segala arah dengan tidak bertambah atau berkurang kekuatannya” dengan rumusnya adalah F1 x A1 = F2 x A2, dimana “F” melambangkan gaya dan “A” merupakan luas penampang.

Pada masa kini hukum pascal di aplikasikan pada sistem pengangkat hidrolik yang digunakan di tempat cucian mobil langganan kita. Pada dongkrak hidrolik yang ada di tempat cician mobil tersebut pada dasarnya menggunakan sebuah saluran pipa yang diisi oleh minyak. Pipa tersebut memiliki 2 ujung yang besar lubang penamapngnya berbeda. Ujung yang digunakan untuk mengangkat mobil memiliki luas yang besar, sedangkan ujung yang satunya dengan luas lebih kecil. Udara dimasukkan melalui ujung yang kecil kemudian ditutup, dan menyebabkan mobil terangkat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *