Karakteristik Sitoplasma

Karakteristik SitoplasmaSitoplasma merupakan sebuah cairan sel dan segala sesuatu yang larut di dalamnya, kecuali nukleus (inti dari sebuah sel) dan organel. Selain itu, sitoplasma itu terdiri dari protein material dan air. Sitoplasma ini juga bersifat koloid kompleks (tidak cair dan tidak padat) yang dapat berubah tergantung konsentrasi satu air. Jika konsentrasi air tinggi akan menjadi encer (sol). Sitoplasma juga menjadi salah satu bagian dari organel sel hewan.

Apa itu sel hewan? Sel hewan juga merupakan eukariotik dan memiliki batas luar yang dikenal sebagai membran plasma. Namun, sel hewan berbeda dengan sel eukariotik lainnya. Seperti sel tumbuhan, karena mereka tidak memiliki dinding sel dan kloroplas.

Apa itu Sel? Sel merupakan sebuah bagian dari satu organisme yang dapat melakukan replikasi atau proses memperbanyak diri. Dan sel sendiri berbentuk sangat kecil untuk melihatnya kalian harus menggunakan alat pembesar satu benda, yaitu mikroskop. Dan makhluk hidup ini pastinya tidak sama antar sel.

Dalam tubuh hewan memiliki bagian-bagian atau sebuah organel-organel yang memiliki fungsi dan peran masing-masing. Tahukah Anda? Fungsi organel-organel sel merupakan tanda bahwa organel sel hewan tersebut memiliki satu kinerja di dalam sel hewan. Fungsi organel-organel sel hewan merupakan tanda bahwa organel sel tersebut telah memiliki satu pekerjaan dalam sel hewan.

Ciri-Ciri sitoplasma yang Anda ketahui, sebagai berikut.

  1. Padatan sitoplasma juga teridiri dari organel yaitu ribosom, mitokondria, dan juga kompleks Golgi.
  2. Padatan sitoplasma juga memiliki sifat dapat berubah-ubah karena fase sol(cair) dan fase gel (padat) tergantung dari kondisi satu sel.
  3. Sitosol tersusun dari beberapa bahan, di antaranya adalah air, protein, asam amino, vitamin, nukleotida, asam lemak, gula dan juga ion.
  4. Memiliki sifat pewarna diferensial
  5. Bagian sitoplasma meliputi matriks sitoplasma, organel sel, dan juga inklusio sitoplasma
  6. Sitoplasma juga ada pada tumbuhan dan hewan. Perbedaanya bisa Anda lihat melalui jumlah sitoplasmanya masing-masing sel. Dapat dikatakan bahwa di bagian tumbuhanlah yang memiliki banyak sitoplasma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *