Berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng

Mengenai pariwisata alam yang indah, Indonesia jelas tidak kalah. Sebuah tujuan yang membuat kami bangga sebagai orang Indonesia adalah Dataran Tinggi Dieng, yang terletak di Jawa Tengah. Dataran Tinggi Dieng atau yang sering disebut Dataran Tinggi Dieng menjadi salah satu tujuan paling penting ketika traveler menginjakkan kaki di Jawa Tengah. Selama lebih dari 100 tahun, pesona dataran tinggi Dieng telah menarik perhatian wisatawan asing, terutama wisatawan Belanda dan lokal. Tidak hanya pemandangan indah, budaya dan sejarah juga Dataran Tinggi Dieng memiliki banyak kisah menarik untuk didengarkan. Bagi yang ingin berlibur di Dataran Tinggi Dieng, saya akan membantu Anda dengan panduan dan tips untuk dipertimbangkan sebelum Anda menjejakkan di wisata Indonesia yang mempesona ini.

  1. Cuaca
    Dingin! Suhu rata-rata siang hari adalah sekitar 12-20 derajat Celcius dan 6-10 derajat Celcius pada malam hari. Di musim kemarau (Juli dan Agustus), suhu Dieng di pagi hari bisa menjadi 0 derajat Celcius.
  2. Kartu kredit / Bank
    Dataran Tinggi Dieng masih diklasifikasikan sebagai desa, sehingga tidak ada layanan kartu kredit. Tidak banyak ATM, tetapi sudah ada Indomaret / Alfamart yang dapat menerima transaksi pembayaran dengan kartu pembayaran.
  3. Dari Jakarta:
    Pilihan termudah dan termurah jika Anda datang dari Jakarta adalah menggunakan Kereta KAI. Pilih tujuan Jakarta (Stasiun Senen) untuk Purwokerto. Jika Anda pergi dengan rombongan tanpa perjalanan terbuka, cari bus seperti minibus di lokasi dan sewa. Bus-bus ini terletak di daerah sekitar Stasiun Purwokerto. Dari Purwokerto Anda melewati Wonosobo dan sekitarnya. Dataran tinggi Dieng terlihat 2-3 jam dari Wonosobo. Untuk kenyamanan Anda, lebih baik menggunakan layanan tur terbuka yang siap menjemput Anda di Purwokerto atau Wonosobo.

Sementara pariwisata berkembang di dataran tinggi Dieng, banyak keluarga angkat atau paket terbuka menawarkan tempat tinggal yang nyaman bagi Anda. Pada tahun 2014, saya dan teman-teman saya memilih untuk tinggal 3 hari 2 malam di Arjuna Homestay. Homestay ini bersih dengan fasilitas lengkap seperti selimut tebal, shower air panas, TV, dan paket makan 3 kali sehari. Saya merekomendasikan homestay ini sebagai salah satu pertimbangan karena Arjuna Homestay adalah salah satu akomodasi paling lengkap dan telah menerima banyak penghargaan dari pemerintah setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *