30 Persen Pekerja Rentan Terkena Masalah Kesehatan Mental

Faktor yang dapat menyebabkan stres adalah bekerja. Meskipun ini dapat memberi kita penghasilan, pekerjaan itu dapat menyebabkan stresnya sendiri, yang akhirnya memengaruhi masalah kesehatan mental. Berdasarkan penelitian dari sebuah perusahaan perawatan kesehatan di Singapura, yang disebut Vivant, dinyatakan bahwa 30 persen karyawan, terlepas dari bidangnya, lebih sensitif terhadap masalah psikologis. Faktanya, 28 persen karyawan rentan terhadap depresi dan 27 persen mengalami stres terkait pekerjaan.

Penelitian ini juga mengungkapkan fakta lain, yaitu bahwa 25 persen karyawan atau satu dari empat orang tidak merasakan keseimbangan antara hidup dan bekerja. Inilah yang kemudian mempengaruhi munculnya masalah kesehatan mental. Menjadi pekerja kantoran yang jarang pindah juga dapat memiliki efek negatifnya sendiri, justru menjadikannya lebih rentan terhadap beberapa penyakit kronis. Misalnya, 48 persen karyawan duduk sepanjang hari dan 25 persen karyawan tidak mengikuti diet sehat. Ini membuat 23 persen karyawan berisiko lebih besar terkena diabetes.

Studi ini juga menyatakan bahwa 15 persen karyawan memiliki masalah jantung, 11 persen mengalami stroke, 11 persen memiliki masalah gusi, dan 2 persen memiliki masalah tidur. Karena pekerja kantor berisiko terhadap berbagai masalah kesehatan, kita perlu menggunakan beberapa tips untuk tetap sehat meskipun sering kurang olahraga.

Jangan ragu untuk meluangkan waktu
Jika Anda sudah lelah, jangan ragu untuk beristirahat, bahkan jika Anda hanya memalingkan muka dari komputer, mengambil air dalam dispenser, membuat kopi atau teh atau hanya melihat pemandangan di jendela atau taman. Ini memastikan bahwa kita berdiri, berjalan atau meregang, yang dapat menawarkan manfaat kesehatan tubuh.

Cuci tangan
Meskipun terlihat sepele, mencuci tangan sebenarnya dapat membawa manfaat kesehatan yang sangat besar. Kita sering tanpa sadar berpegangan tangan orang lain, menyentuh keyboard komputer atau peralatan lain yang mungkin memiliki banyak bakteri di tempat kerja. Dengan mencuci tangan sebelum makan atau menyentuh wajah Anda, diharapkan tidak ada bakteri atau virus yang menyebabkan penyakit akan menyerang tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *